April 15, 2013

Hindia Belanda dan Piala Dunia 1938


BENAR bahwa tim nasional Indonesia, kala itu masih pakai nama Dutch East Indies (Hindia Belanda), pernah masuk putaran final Piala Dunia. Tapi jangan senang dulu. Hindia Belanda melenggang ke putaran final Piala Dunia di Prancis tahun 1938 tanpa melakoni satu pun pertandingan di babak kualifikasi –sistem yang mulai dipakai sejak Piala Dunia 1934. Jepang, yang mestinya jadi lawan Hindia Belanda, urung bertanding karena terlibat pertikaian dengan China. Jadilah Hindia Belanda melenggang tanpa perlu bertanding. Keberuntungan pertama.
Tim Hindia Belanda pun hanya perlu melewati Amerika Serikat di partai play off yang rencananya digelar di Rotterdam, Belanda, 20 Mei 1938. Tim Hindia Belanda tiba di Den Haag sehari sebelum pertandingan. Hanya, beberapa saat setelah mendarat, mereka mendapat kabar Amerika Serikat ogah melakukan tanding play off.Tak jelas karena alasan apa –buku ini tak mencatatnya. Untuk kali kedua Dewi Fortuna memberkati. Dengan demikian, tim Hindia Belanda dapat bertanding dalam putaran final Piala Dunia.
Selama 17 hari, tim asuhan Johannes van Mastenbroek melakukan persiapan dengan melakukan pertandingan uji-coba melawan klub-klub Belanda. Mereka juga mendapat masukan dari manajer tim Belanda pada Piala Dunia 1934 dan 1938Robert “Bob” Glenndening.
Minggu, 5 Juni 1938, mulailah untuk kali pertama negara dari daratan Asia berlaga di Piala Dunia. Di bawah tatapan 9.000 pasang mata yang memadati Stadion Velodrome Municipal, Reims, para pemain bertubuh kecil berjuang keras menghadapi Gyorgi Sarosi cs dari Hongaria. Secara teknik mereka tak kalah. Tapi perbedaan fisik dan penguasaan taktik permainan membuat Hindia Belanda bertekuk lutut 0-6.
Perbedaan fisik memang menjadi warna paling mencolok. Para pemain Hindia Belanda ibarat kurcaci di hadapan pasukan Hongaria. “Saya seperti melihat 22 atlet Hongaria dikerubungi 11 kurcaci,” kata Walikota Reims Paul Marchandeau yang hadir menyaksikan pertandingan.
Meski kalah telak, Hindia Belanda tercatat sebagai salah satu tim yang paling berwarna: dua orang pemain asal Sumatra, dua orang Ambon, seorang Jawa, empat orang beretnis Tionghoa, dan sisanya berdarah Belanda.


Dalam Piala Dunia 1938 ini Italia bertemu dengan Hongaria di babak final. Keduanya memperagakan sepakbola yang lumayan atraktif. Italia akhirnya mempertahankan gelar setelah menang 4-2.
Selain Hindia Belanda sebagai negara Asia pertama di Piala Dunia, ada serba pertama lainnya yang muncul dalam Piala Dunia 1938. Antara lain pencantuman nomor pada kostum pemain dan gol bunuh diri yang dicetak pemain Swiss, Ernst Loertscher, ketika menghadapi Jerman. Untuk kali pertama juga tuan rumah, dalam hal ini Prancis, otomatis masuk putaran final tanpa melalui kualifikasi.
Kehadiran Hindia Belanda di Piala Dunia 1938 adalah satu dari 100 fakta unik, termasuk 10 momen terdahsyat, sepanjang sejarah Piala Dunia yang disajikan dalam buku ini. Juga berbagai peristiwa menarik, heroik, fenomenal, dramatis, tragis, sekaligus lucu dan unik dari perhelatan akbar empat tahunan yang disebut-sebut sebagai “The Greatest Show on Earth”.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

keren pak (Y)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Blog Themes | Bloggerized by andri pradinata - Gold Blogger Themes | AP14