Februari 16, 2013

METODE PENELITIAN SEJARAH (METODE SEJARAH)

Metode penelitian sejarah adalah metode atau cara yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan penelitian peristiwa sejarah dan permasalahannya. Dengan kata lain, metode penelitian sejarah adalah instrumen untuk merekonstruksi peristiwa sejarah (history as past actuality) menjadi sejarah sebagai kisah (history as written). Dalam ruang lingkup Ilmu Sejarah, metode penelitian itu disebut metode sejarah.

Metode sejarah digunakan sebagai metode penelitian, pada prinsipnya bertujuan untuk menjawab enam pertanyaan (5 W dan 1 H) yang merupakan elemen dasar penulisan sejarah, yaitu what (apa), when (kapan), where (dimana), who (siapa), why (mengapa), dan how (bagaimana). Pertanyaanpertanyaan itu konkretnya adalah: Apa (peristiwa apa) yang terjadi? Kapan terjadinya? Di mana terjadinya? Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu? Mengapa peristiwa itu terjadi? Bagaimana proses terjadinya peristiwa itu?

Dalam proses penulisan sejarah sebagai kisah, pertanyaan-pertanyaan dasar itu dikembangkan sesuai dengan permasalahan yang perlu diungkap dan dibahas. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itulah yang harus menjadi sasaran penelitian sejarah, karena penulisan sejarah dituntut untuk menghasilkan eksplanasi (kejelasan) mengenai signifikansi (arti penting) dan makna peristiwa.

PROSES PENELITIAN SEJARAH

2.1 Pemilihan Topik Penelitian

Suatu penelitian ilmiah tentu berawal dari pemilihan topik yang akan diteliti. Dalam bidang sejarah, topik penelitian harus memenuhi beberapa persyaratan.

a) Topik itu harus menarik (interesting topic), dalam arti menarik sebagai obyek penelitian. Dalam hal ini termasuk adanya keunikan (uniqueness topic).

b) Substansi masalah dalam topik harus memiliki arti penting (significant topic), baik bagi ilmu pengetahuan maupun bagi kegunaan tertentu.

c) Masalah yang tercakup dalam topik memungkinkan untuk diteliti (manageable topic). Persyaratan ini berkaitan dengan sumber, yaitu sumber-sumbernya dapat diperoleh.

Meskipun topik sangat menarik dan memiliki arti penting, namun bila sumber-sumbernya, khususnya sumber utama tidak diperoleh, masalah dalam topik tidak akan dapat diteliti. Oleh karena itu calon peneliti harus memiliki wawasan luas mengenai sumber, khususnya sumber tertulis.

2.2 Studi Pendahuluan

Setelah topik penelitian ditentukan, segera lakukan studi pendahuluan. Cari sumber-sumber acuan utama, yaitu sumber-sumber yang diduga memuat data atau informasi yang relevan dengan topik penelitian. Dengan menelaah sumber-sumber acuan utama secara efektif, peneliti akan dapat memahami ruang lingkung penelitian, baik ruang lingkup masalah maupun ruang lingkup temporal (waktu) dan spasial (tempat/wilayah) obyek penelitian.

Ruang lingkup penelitian itu kemudian dituangkan dalam rencana kerangka tulisan (laporan penelitian). Sementara itu, telaah pula bibliografi/daftar pustaka pada setiap sumber acuan utama yang berupa buku ilmiah. Hal itu dimaksudkan untuk mendapat tambahan informasi sumbersumber yang diduga memuat data tentang masalah yang akan diteliti. Catat identitas sumber-sumber itu menjadi bibliografi kerja.

2.3 Implementasi Penelitian

Penelitian sejarah yang pada dasarnya adalah penelitian terhadap sumber-sumber sejarah, merupakan implementasi dari tahapan kegiatan yang tercakup dalam metode sejarah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Tahapan kegiatan yang disebut terakhir sebenarnya bukan kegiatan penelitian, melainkan kegiatan penulisan sejarah (penulisan hasil
penelitian).

2.3.1 Heuristik

Heuristik adalah kegiatan mencari dan menemukan sumber yang diperlukan. Berhasil-tidaknya pencarian sumber, pada dasarnya tergantung dari wawasan peneliti mengenai sumber yang diperlukan dan keterampilan teknis penelusuran sumber. Berdasarkan bentuk penyajiannya, sumber-sumber sejarah terdiri atas arsip, dokumen, buku, majalah/jurnal, surat kabar, dan lain-lain. Berdasarkan sifatnya, sumber sejarah terdiri atas sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer adalah sumber yang waktu pembuatannya tidak jauh dari waktu peristiwa terjadi. Sumber sekunder adalah sumber yang waktu pembuatannya jauh dari waktu terjadinya peristiwa. Peneliti harus mengetahui benar, mana sumber primer dan mana sumber sekunder. Dalam pencarian sumber sejarah, sumber primer harus ditemukan, karena penulisan sejarah ilmiah tidak ukup hanya menggunakan sumber sekunder. Agar pencarian sumber berlangsung secara efektif, dua unsur penunjang heuristik harus diperhatikan.

a) Pencarian sumber harus berpedoman pada bibliografi kerja dan kerangka tulisan. Dengan memperhatikan permasalahan-permasalahan yang tersirat dalam kerangka tulisan (bab dan subbab), peneliti akan mengetahui sumbersumber yang belum ditemukan.

b) Dalam mencari sumber di perpustakaan, peneliti wajib memahami sistem katalog perpustakaan yang bersangkutan.

2.3.2 Kritik Sumber

Sumber untuk penulisan sejarah ilmiah bukan sembarang sumber, tetapi sumber-sumber itu terlebih dahulu harus dinilai melalui kritik ekstern dan kritik intern. Kritik ekstern menilai, apakah sumber itu benar-benar sumber yang diperlukan? Apakah sumber itu asli, turunan, atau palsu? Dengan kata lain, kritik ekstern menilai keakuratan sumber. Kritik intern menilai kredibilitas data dalam sumber.

Tujuan utama kritik sumber adalah untuk menyeleksi data, sehingga diperoleh fakta. Setiap data sebaiknya dicatat dalam lembaran lepas (sistem kartu), agar memudahkan pengklasifikasiannya berdasarkan kerangka tulisan.

2.3.3 Interpretasi

Setelah fakta untuk mengungkap dan membahas masalah yang diteliti cukup memadai, kemudian dilakukan interpretasi, yaitu penafsiran akan makna fakta dan hubungan antara satu fakta dengan fakta lain. Penafsiran atas fakta harus dilandasi oleh sikap obyektif. Kalaupun dalam hal tertentu bersikap subyektif, harus subyektif rasional, jangan subyektif emosional. Rekonstruksi peristiwa sejarah harus menghasilkan sejarah yang benar atau mendekati kebenaran.

2.3.4 Historiografi

Kegiatan terakhir dari penelitian sejarah (metode sejarah) adalah merangkaikan fakta berikut maknanya secara kronologis/diakronis dan sistematis, menjadi tulisan sejarah sebagai kisah. Kedua sifat uraian itu harus benar-benar tampak, karena kedua hal itu merupakan bagian dari ciri karya sejarah ilmiah, sekaligus ciri sejarah sebagai ilmu.

Selain kedua hal tersebut, penulisan sejarah, khususnya sejarah yang bersifat ilmiah, juga harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah umumnya.

a) Bahasa yang digunakan harus bahasa yang baik dan benar menurut kaidah bahasa yang bersangkutan. Kaya ilmiah dituntut untuk menggunakan kalimat efektif.

b) Merperhatikan konsistensi, antara lain dalam penempatan tanda baca, penggunaan istilah, dan penujukan sumber.

c) Istilah dan kata-kata tertentu harus digunakan sesuai dengan konteks permasalahannya.

d) Format penulisan harus sesuai dengan kaidah atau pedoman yang berlaku, termasuk format penulisan bibliografi/daftar pustaka/daftar sumber.

Kaidah-kaidah tersebut harus benar-benar dipahami dan diterapkan, karena kualitas karya ilmiah bukan hanya terletak pada masalah yang dibahas, tetapi ditunjukkan pula oleh format penyajiannya.

Kesimpulan

Penelitian sejarah harus dilandasi atau berpedoman pada kaidah-kaidah metode sejarah. Jika tidak, penelitian itu hanya akan menghasilkan tulisan sejarah semi ilmiah atau bahkan sejarah populer. Oleh karena itu calon peneliti sejarah harus memahami kaidah-kaidah metode sejarah dan mampu mengimplementasikannya, agar penelitian itu menghasilkan karya sejarah ilmiah.

Penulisan sejarah ilmiah dituntut untuk menghasilkan eksplanasi mengenai permasalahan yang dibahas. Eksplanasi itu diperoleh melalui analisis. Untuk mempertajam analisis, dalam proses penulisan sejarah, aplikasi metode dan teori sejarah perlu ditunjang oleh teori dan/atau konsep ilmu-ilmu sosial yang relevan (sosiologi, antropologi, ekonomi, politik, dll.). Dengan kata lain, penulisan sejarah yang dituntut memberikan eksplanasi mengenai masalah yang dibahas, perlu dilakukan secara interdisipliner dengan menggunakan pendekatan multidimensional (multidimensional approach). Hal itu sesuai dengan ciri-ciri dan karakteristik sejarah sebagai ilmu.

Oleh karena itu, penelitian sejarah dan hasilnya dapat membantu penelitian dan pengembangan kebudayaan. Sejarah mengkaji aspek-aspek kehidupan manusia di masa lampau, termasuk kebudayaan.


Sumber ;
Materi penyuluhan dalam "Workshop Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan; Penulisan Karya Ilmiah dan Perekaman Data" tanggal 12-14 Februari 2008 yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, kerjasama dengan Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung.

45 komentar:

sugianto_vijjayasena mengatakan...

Informasi yang sangat bagus, Kebetulan saya sedang belajar metode penelitian. Jadi bagaimana
bagaimana sih cara membuat rumusan masalah penelitian yang baik Ada disini

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

TUTIK RUKMINI mengatakan...

terima kasih telah bagi bagi ilmunya.
always be succes

Unknown mengatakan...

terima kasih banyak. tulisannya sangat bermanfaat. tapi klo boleh usul tolong kasih footnote disetiap paragrafnya. sekalipun itu merupakan review dari sebuah seminar ataupun pelatihan. bsa kasih footnet dari buku lain, misalkan anda menulis ttg 5 w 1 h dalam tulisan itu, dulu anda dapatnya dari mana ? selain dari seminar tersebut. jika demikian, tulisannya akan lebih ilmiyah. jadilah sebuah tulisan ilmiyah yg dekat dg pembaca.

Elan mengatakan...

Konyol

Unknown mengatakan...

Kada rami lalu

Unknown mengatakan...

Muha kaya kontol

Home Decor USA mengatakan...

I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
Click Here
Click Here

Asim Rose mengatakan...

you can always buy cheap foods on any supermarket these days because food production is mechanized already
techdetects

chik cchaa mengatakan...





I just added this website to my rss reader, great stuff. Can’t get enough!
www.webcare360.com

jimu jee mengatakan...




I have to convey my respect for your
offshore vps server kindness for
all those that require guidance on this one field

ASLAN KUNT mengatakan...

coin haber - bitcoin haberleri - videoindiryukle.com - takipcialdim.com - instagram takipçi satın al - smmpaketleri.com - tiktok takipçi satın al - takipciadresin.com - instagram beğeni satın al - otomatikbegenisatinal.com - adresekleme.com - btcturk güvenilir mi - bitcoinhesabiacma.com - izlenme-satin-al.com - numarasmsonay.com - borsagazete.com - takipcisatinals.com - youtube izlenme satın al - torrent oyun - google haritalara yer ekleme - altyapisizinternet.com - bedava-internet-2021.com - no deposit bonus forex 2021 - tiktok jeton hilesi - tiktok beğeni satın al - microsoft word indir - misli apk indir - binance güvenilir mi - binance güvenilir mi - binance güvenilir mi - guvenilirmiyasalmi.com - takipçi satın al - instagram takipçi satın al

Anonim mengatakan...

mmorpg oyunlar
instagram takipçi satın al
tiktok jeton hilesi
Tiktok Jeton Hilesi
Saç Ekimi Antalya
referans kimliği nedir
instagram takipçi satın al
Instagram takipçi satın al
metin2 pvp serverlar

Anonim mengatakan...

smm panel
Smm panel
iş ilanları
instagram takipçi satın al
HIRDAVATÇI BURADA
https://www.beyazesyateknikservisi.com.tr
Servis
tiktok jeton hilesi

Anonim mengatakan...

özel ambulans
minecraft premium
yurtdışı kargo
en son çıkan perde modelleri
nft nasıl alınır
lisans satın al
uc satın al
en son çıkan perde modelleri

sms onay mengatakan...

Congratulations on your article, it was very helpful and successful. e995a6249a5ed39f67e062362ecba39f
website kurma
website kurma
numara onay

altın dedektörü mengatakan...

Thank you for your explanation, very good content. 39acafb21194e435701f6623d5ba415b
define dedektörü

mrbahis mengatakan...

Good content. You write beautiful things.
vbet
hacklink
mrbahis
hacklink
sportsbet
sportsbet
vbet
korsan taksi
taksi

betturkey mengatakan...

Success Write content success. Thanks.
kıbrıs bahis siteleri
betmatik
betpark
kralbet
deneme bonusu
canlı poker siteleri
canlı slot siteleri

vedat mengatakan...

nevşehir
bingöl
sinop
muğla
bartın
A2GZ7

osman mengatakan...

salt likit
salt likit
8CEF1

sude mengatakan...

https://saglamproxy.com
metin2 proxy
proxy satın al
knight online proxy
mobil proxy satın al
DFSC

DataMatrixMagician mengatakan...

Denizli
Konya
Denizli
ısparta
Bayburt
RPOD

PlasmaWizardVoyager101 mengatakan...

Sakarya
Kayseri
Van
Konya
Samsun
SCCY

NeonVoyager101 mengatakan...

van
zonguldak
yalova
urfa
gümüşhane
GEARV

DigitalMatrixSorcerer123 mengatakan...

ankara
sakarya
tekirdağ
kastamonu
amasya
RM85

PlasmaMatrixGlider13 mengatakan...

kars
sinop
sakarya
ankara
çorum
NSN

Dilberay21 mengatakan...

tekirdağ
tokat
elazığ
adıyaman
çankırı
R4R

ElectricPhantom404 mengatakan...

goruntulu show
ücretli
56SS

CelestialSerpentess mengatakan...

ordu evden eve nakliyat
bursa evden eve nakliyat
konya evden eve nakliyat
osmaniye evden eve nakliyat
bitlis evden eve nakliyat
RLAQC

MathMagician101 mengatakan...

https://istanbulolala.biz/
İHEL

JazzSonsuzluk47 mengatakan...

tekirdağ evden eve nakliyat
kocaeli evden eve nakliyat
yozgat evden eve nakliyat
osmaniye evden eve nakliyat
amasya evden eve nakliyat
CCVSFF

GeceAvcısı91 mengatakan...

düzce evden eve nakliyat
denizli evden eve nakliyat
kırşehir evden eve nakliyat
çorum evden eve nakliyat
afyon evden eve nakliyat
UWN4Y

75178DaneB07B0 mengatakan...

17E8C
Tekirdağ Fayans Ustası
Çorlu Lojistik
Batman Şehir İçi Nakliyat
Antalya Lojistik
Eskişehir Şehir İçi Nakliyat
Çorum Lojistik
Bitlis Lojistik
Coin Nedir
Çankırı Evden Eve Nakliyat

4920CKatie3B564 mengatakan...

BE2D3
Çankaya Boya Ustası
Denizli Evden Eve Nakliyat
Karabük Evden Eve Nakliyat
Eskişehir Lojistik
Aksaray Lojistik
Sakarya Evden Eve Nakliyat
Urfa Şehirler Arası Nakliyat
Bursa Parça Eşya Taşıma
Iğdır Evden Eve Nakliyat

80787MarleneECD45 mengatakan...

DC407
Malatya Lojistik
Diyarbakır Lojistik
Zonguldak Şehirler Arası Nakliyat
Çerkezköy Marangoz
Kayseri Lojistik
Iğdır Şehir İçi Nakliyat
Tekirdağ Cam Balkon
Isparta Şehir İçi Nakliyat
Sincan Fayans Ustası

575CCTrista3BC02 mengatakan...

A3C0C
order pharmacy steroids
Bayburt Şehirler Arası Nakliyat
Batıkent Fayans Ustası
Zonguldak Evden Eve Nakliyat
Ünye Petek Temizleme
Yenimahalle Boya Ustası
Etlik Parke Ustası
Karabük Evden Eve Nakliyat
Kars Lojistik

C1FDBChace20158 mengatakan...

A4A7C
referans

DC4D7JonathanFDE2B mengatakan...

DD1C6
kayseri en iyi rastgele görüntülü sohbet
kocaeli canlı sohbet et
tekirdağ canlı sohbet siteleri
yabancı canlı sohbet
Kastamonu Sesli Sohbet Sitesi
bolu sohbet odaları
balıkesir rastgele görüntülü sohbet
afyon görüntülü sohbet uygulamaları ücretsiz
artvin görüntülü sohbet siteleri ücretsiz

AA23EIrene30329 mengatakan...

9D67C
samsun bedava sohbet siteleri
Sinop Ücretsiz Sohbet
bitlis kadınlarla rastgele sohbet
Edirne Random Görüntülü Sohbet
tokat telefonda görüntülü sohbet
sesli sohbet siteleri
telefonda sohbet
ankara canlı sohbet siteleri ücretsiz
muş görüntülü sohbet uygulamaları ücretsiz

CD263Isabel09EED mengatakan...

68D28
Görüntülü Sohbet
Twitch İzlenme Satın Al
Trovo Takipçi Hilesi
Binance Referans Kodu
Dlive Takipçi Satın Al
Coin Çıkarma Siteleri
Görüntülü Sohbet Parasız
Soundcloud Dinlenme Satın Al
Youtube Beğeni Hilesi

C4906Katie1ACC7 mengatakan...

30F6E
Dlive Takipçi Hilesi
Referans Kimliği Nedir
Kripto Para Madenciliği Nedir
Twitch İzlenme Hilesi
Soundcloud Takipçi Satın Al
Onlyfans Takipçi Hilesi
Okex Borsası Güvenilir mi
Linkedin Takipçi Satın Al
Coin Üretme Siteleri

0C70ADouglas4B221 mengatakan...

6711A
Tiktok Takipçi Hilesi
Lovely Coin Hangi Borsada
Görüntülü Sohbet Parasız
Binance Referans Kodu
Bitcoin Nasıl Alınır
Bitcoin Oynama
Linkedin Beğeni Hilesi
Coin Çıkarma Siteleri
Floki Coin Hangi Borsada

C38F5Azul6BD88 mengatakan...

4A584
onekey
poocoin
avax
aave
dexscreener
poocoin
yearn
layerzero
ledger live

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Blog Themes | Bloggerized by andri pradinata - Gold Blogger Themes | AP14